Strategi Instagram Marketing Tahun 2020

Tahukah kamu, riset yang dilakukan oleh Impact mengatakan, 72% orang membeli suatu produk setelah melihatnya di Instagram. Kamu bisa lihat faktanya pada gambar dibawah:

Berdasarkan fakta diatas, menjadikan Instagram sebagai salah satu media sosial yang efektif untuk mempromosikan sebuah bisnis.

Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto dan video yang memungkinkan pengguna mengambil foto, video, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk Instagram itu sendiri (sumber: wikipedia).

Untuk melakukan promosi melalui Instagram, dibutuhkan strategi instagram marketing yang tepat dan terbaru (up to date). Supaya instagram marketing yang kamu lakukan memberikan hasil yang maksimal bagi bisnis kamu.

Berikut strategi instagram marketing 2020 yang bisa kamu lakukan:

1. Memaksimalkan Profile Instagram

Profile bisnis menjadi salah satu bagian penting dalam instagram marketing, karena melalui profil instagram orang-orang dapat mengenal bisnis kamu. Instagram memungkinkan kamu untuk mengatur profile picture, deskripsi mengenai bisnis, maupun kontak yang bisa dihubungi.

Agar profil instagram kamu lebih maksimal dan menarik, berikut tips nya:

  • Gunakan profil picture yang sesuai dengan bisnis kamu (misalnya logo perusahaan).
  • Buat deskripsi singkat tentang bisnis kamu (misalnya penjelasan mengenai produk dan jasa yang kamu tawarkan.
  • Masukkan rincian kontak yang bisa dihubungi (alamat website, nomor telepon, nomor WhatsApp, atau id Line).
  • Buat stories highlight mengenai aktivitas bisnis kamu, misalnya produk yang kamu tawarkan, event bisnis, testimonial, dan lain-lain.
  • Gunakan hashtag (#) yang berisi deskripsi singkat mengenai bisnis kamu.

2. Gunakan Instagram Bisnis

Saat ini Instagram telah meluncurkan akun bisnis yang dikenal dengan “Instagram Bisnis”. Melalui instagram bisnis, kamu dapat membuat informasi yang lebih lengkap mengenai bisnis kamu pada profile instagram.
Jika pada profile akun instagram biasa kamu hanya bisa menampilkan beberapa informasi tambahan seperti name (nama), email, atau website. Pada instagram bisnis kamu bisa menambahkan kategori bisnis, seperti fashion, software company, retail, organization, dan lain-lain. Kamu juga bisa menambahkan alamat perusahaan yang bisa langsung terhubung ke Google Maps.

Pada akun instagram biasa, orang lain hanya bisa mengirim “direct message (DM)” kepada akun instagram kamu melalui menu “message”. Tetapi pada akun instagram bisnis, kamu dapat berkomunikasi dengan calon klien melalui telepon atau email secara langsung melalui menu “contact”.

Bukan hanya itu, Instagram bisnis juga menyediakan fitur Insight yang dapat membuat promosi bisnis kamu menjadi lebih efektif. Ada 3 menu yang terdapat pada fitur insight:

  • Menu “content” menginformasikan hal-hal yang berhubungan dengan konten yang kamu upload.
  • Menu “activity” memberitahu interaksi yang dilakukan followers pada akun instagram kamu.
  • Menu “audience” untuk mengetahui data – data mengenai followers (usia, jenis kelamin, dan geografi).

3. Perhatikan Instagram Insight

Pada poin sebelumnya (Gunakan Instagram Bisnis) kita sudah mengetahui salah satu kelebihan instagram bisnis yaitu menyediakan fitur Instagram Insight.

Instagram Insight adalah fitur Instagram yang memberikan berbagai informasi mengenai postingan (konten), mengetahui berapa jumlah interaksi yang terjadi pada akun Instagram, serta mengetahui data diri followers.

Kita juga sudah mengetahui bahwa instagram insight memiliki 3 menu, yakni activity, content, dan audiens.

Dengan memperhatikan instagram insight tersebut akan membuat performa instagram marketing yang kamu lakukan menjadi lebih baik. Misalnya dengan mengetahui identitas dan geografi followers pada menu audiens, bisa membantu kamu menentukan target audiens yang lebih tepat.

Atau dengan mengetahui waktu followers kamu mengakses Instagram pada menu audiens, kamu bisa membuat jadwal postingan yang tepat sesuai dengan waktu akses mereka.

Untuk mengakses instagram insight, tinggal klik menu hamburger pada bagian kanan atas profil instagram kamu, dan pilih “Insight”.

4. Manfaatkan Instagram Stories

Diketahui dari Omnicore, Instagram mengatakan pada bulan Januari 2020 bahwa lebih dari 500 juta pengguna Instagram aktif menggunakan dan membagikan foto dan video mereka pada Instagram Stories.

Itu artinya, Instagram stories membantu kamu menjangkau lebih banyak calon konsumen, serta menjadi cara untuk menjalin hubungan yang lebih dekat (engaging) dengan konsumen.

Instagram stories merupakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengupdate foto dan video, bersifat sementara dan tidak dapat dilihat setelah 24 jam. Instagram stories memungkinkan kamu untuk membagikan foto dan video dengan durasi maksimal 15 menit.

Kamu bisa membagikan berbagai aktivitas bisnis seperti memperkenalkan produk terbaru, mengadakan promo (giveaway), berbagi tips, dan aktivitas bisnis lainnya.

Tips melakukan instagram stories:

  • Manfaatkan Fitur Q & A (Questions and answers).
  • Adakan polling.
  • Tampilkan feeds terbaru (baru saja di upload).
  • Buat konten yang menarik.
  • Simpan pada stories highlights.

Mungkin sekarang kamu bingung bagaimana cara menggunakan fitur Q&A? Untuk apa menampilkan kembali feed yang baru di upload? Atau bagaimana cara membuat konten yang menarik untuk instagram stories? Kamu bisa menemukan jawabannya pada artikel sebelumnya mengenai 5 tips promosi bisnis melalui instagram stories.

5. Manfaatkan Instagram TV

Jika melalui instagram stories kamu hanya bisa mengupload sebuah video dengan durasi waktu maksimal 15 detik, bagaimana jika kamu ingin mengupload video yang berdurasi 30 menit (misalnya video tutorial menggunakan suatu produk)?

Salah satu solusinya yaitu menggunakan fitur Instagram TV (IGTV). Melalui instagram TV kamu bisa membagikan video dengan durasi waktu maksimal 60 menit. Kamu juga bisa menyimpan video yang sudah kamu share secara permanen di akun instagram kamu.

6. Manfaatkan Instagram Live

Instagram juga menyediakan fitur live (siaran langsung) untuk para penggunanya. Melalui instagram live, kamu bisa menunjukkan aktivitas kamu secara langsung kepada followers dan followers juga bisa berkomunikasi langsung dengan kamu.

Misalnya menunjukkan event yang sedang berlangsung, tutorial menggunakan sebuah produk, mengadakan sesi tanya jawab, mengumumkan produk terbaru, dan lain-lain.

Dan menariknya, setelah melakukan live, kamu juga bisa membagikan hasil live ke instagram stories. Sehingga bagi followers yang tidak mengikuti live, bisa melihat videonya kembali di instagram stories.

Fitur ini membantu meningkatkan hubungan yang lebih dekat (engaging) dengan followers, serta meningkatkan kredibilitas (kepercayaan) mereka terhadap bisnis kamu.

7. Gunakan Instagram Shopping

Dengan menampilkan harga tersebut, follower tidak perlu menghubungi kamu melalui direct message (DM), chatting melalui WhatsApp, Line, atau menelpon ke call center bisnis kamu. Tentu ini sangat mempermudah mereka kan?

Tag harga yang ditampilkan tersebut dibuat menggunakan instagram shopping. Instagram shopping yaitu fitur Instagram yang dapat digunakan untuk menampilkan tag atau penanda produk pada setiap postingan tertentu.

8. Optimalisasi Feed Instagram

Feed instagram menjadi salah satu faktor keberhasilan instagram marketing yang perlu diperhatikan. Feed instagram menjadi pertimbangan calon konsumen sebelum membeli produk kamu.

Jika feed kamu lebih menarik dan lebih rapi, akan mendorong mereka mereka untuk melakukan transaksi. Maka dari itu, optimalisasi postingan feed perlu dilakukan agar tampilan feed kamu juga optimal.

Tips optimalisasi feed instagram:

  • Upload foto atau video yang original (bukan diambil di internet).
  • Buat caption yang menarik.
  • Buat tema konten, misalnya bisnis kamu bergerak di bidang kosmetik, maka kamu akan mengupload produk, tutorial menggunakan produk, dan hasil produk setelah diaplikasikan kepada muse (model).
  • Ciptakan visual secara konsisten, misalnya editing gambar, frame yang digunakan, atau editing warna yang digunakan.
  • Gunakan branded hashtags (#).

9. Buat Instagram Ads

Instagram juga menyediakan layanan Ads untuk para penggunanya. Instagram Ads membantu meningkatkan jangkauan postingan, membantu menemukan lebih banyak konsumen, meningkatkan brand awareness, serta mengarahkan pengunjung untuk mengunjungi website kamu.

10. Lakukan Kerjasama dengan Influencer

Influencer adalah seseorang yang memiliki jumlah follower yang banyak dan punya pengaruh besar bagi follower mereka, biasanya influencer merupakan seorang selebritis, selebgram, atau youtuber.

Seorang influencer biasanya memiliki follower yang banyak dan sangat dipercayai oleh follower mereka. Sehingga produk atau jasa yang mereka gunakan bisa mempengaruhi para followers untuk mencoba dan membeli produk tersebut.

Influencer juga membantu kamu mendapatkan lebih banyak konsumen, menumbuhkan rasa kepercayaan follower, meningkatkan brand awareness, dan serta meningkatkan jumlah follower akun instagram kamu.

Nah itulah 10 strategi instagram marketing pada tahun 2020. Semoga bermanfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *