10 online marketing untuk memulai bisnis anda

10 online marketing untuk memulai bisnis anda

Apakah kamu hendak membangun bisnis? Atau kamu dapat tawaran untuk jadi pemasar digital atau digital marketer dari sebuah bisnis, baik milik temanmu atau orang lain? Sekarang ini, pemasaran bisnis melalui teknologi online sudah menjadi sebuah hal yang lumrah dilakukan sama bisnis-bisnis kecil sampai menengah. Kali ini, Tim kami bakal membahas online marketing tools yang dapat anda pakai untuk lakukan pemasaran menggunakan media daring (online).

Kalau anda berniat membangun bisnis, kamu juga mesti mampu kendalikan pemasaran produk yang bakal kamu tawarkan. Pemasaran online merupakan teknik yang perlu anda pahami. Jangan takut dulu, 10 tools ini mungkin dapat membantumu. Kali ini kami bakal tempatkan dirimu sebagai pemilik bisnis yang juga lakukan pemasaran untuk bisnismu ketika anda tengah main game di agen slot online.

Canva untuk Membangun Visual Brand

Ketika mau mulai sebuah bisnis, bangunlah identitas brand-mu lebih dulu dengan tentukan nama brand dan maknanya, visi-misi, logo sampai detail-detail seperti font, atau vibe yang mau kamu tunjukkan melalui brand-mu. Oleh sebab itu, Canva sudah siapkan lebih dari 50 ribu template yang dapat anda pakai secara gratis untuk desain tampilan brand milikmu. Mulai dari paket logo dan font, poster, kartu nama, brosur, flyer, template untuk daftar menu, serta berbagai gambar yang dapat anda pilih dalam beragam ukuran untuk media sosial.

Trello untuk Mengorganisir Berbagai Perencanaan

Sesudah tentukan gimana tampilan dan “sifat” brand-mu, kini waktunya untuk melakukan perencanaan. Tidak Cuma untuk media sosial, kamu juga dapat gunakan Trello untuk mengorganisir segala persiapan yang anda perlukan untuk pasarkan brand. Kamu juga dapat gunakan website yang satu ini untuk membuat checklist, mengunggah foto atau file, serta mengundang member yang ada dalam daftar pengurus bisnismu untuk ikut berkolaborasi.

Hootsuite untuk Mengelola Media Sosial

Fitur pada website ini dapat kamu pakai untuk mengorganisir media sosial bisnismu, baik untuk unggahan, respon dari pengikut media sosial, atau pelanggan dari berbagai platform media sosial yang kamu pakai untuk memasarkan bisnis. Kalau bisnismu tidak melibatkan banyak akun media sosial dalam platform yang sama, kamu bisadapat pilih paket Professional yang Cuma dibandrol Rp 400 ribu per bulan. Namun, kalau bisnismu ialah agensi yang mengurus media sosial milik klien, pakai paket Team, Business, atau Enterprise dengan harga mulai dari Rp 1,8 juta per bulan.

Alternatif: kalau Hootsuite masih terbilang mahal untuk seimbangkan budget bisnismu, kamu dapat gunakan Buffer. Tidak jauh beda dengansama Hootsuite, Buffer juga tawarkan layanan yang sama, namun dengan harga yang lebih bersahabat, sebab mereka kasihkan daftar harga sesuai sama keperluan anda. Kamu dapat mulai gunakan paket Pro dengan harga Rp 200 ribuan, atau paket Premium dan Business yang dibandrol mulai Rp 900 ribu.

SEMRush/Ahrefs/Google Trends untuk Menentukan Keyword

Kalau visual brand dan media sosial sudah terurus, inilah waktunya untuk mulai bangun website bisnis yang dapat anda mulai dengan beli paket cloud hosting plus domain lebih dulu. Sesudah itu, kamu baru dapat gunakan ketiga website di atas untuk tentukan kata kunci bisnismu. Mulailah dengan mengklik masing-masing website melalui heading di atas. Selain untuk sediakan info yang berguna untuk audiens, kamu juga dapat tingkatkan brand awareness kalau website-mu sukses menduduki peringkat pada halaman pertama mesin pencari Google.

Yoast SEO untuk Menaikkan Peringkat Website

Lebih teknis lagi, fitur ini merupakan plugin atau kode software untuk jalankan fungsi tertentu pada Content Management System (CMS) yang dapat anda tambahkan sesudah kamu punyai website. Plugin Yoast berfungsi untuk tentukan focus keyword dan menganalisis isi artikel di website-mu hingga lebih mudah dideteksi sama SEO pada mesin pencarian. Fitur inilah yang bisa bantu peringkat website-mu naik sampai bisnismu juga dapat alami peningkatan brand awareness di internet.

Unsplash untuk Sumber Foto

Website yang siapkan ratusan ribu foto profesional ini dapat anda pakai untuk maksimalkan konten yang anda buat untuk lengkapi tampilan visual marketing-mu, mulai dari gambar makanan, bangunan, atau alam, serta foto eksperimental dapat anda pakai. Unsplash sediakan foto dengan cc: 0 (gratis tanpa credit ke fotografer sama sekali), meskipun penyertaan credit bakal lebih dihargai. Jangan khawatir, foto yang disiapkan di Unsplash merupakan file asli dengan kualitas tinggi.

Email Marketing Tools: MailChimp/GetResponse/SendinBlue

Pada saat adna sudah mulai mengunggah berapa konten terkait bisnismu ke website, pastikan calon audiensmu peroleh info ini. Kamu dapat gunakan email marketing tools dari tiga sumber pada heading. Email merupakan cara pendekatan yang sangat personal, oleh sebab itu, buatlah konten dan bahasa email yang friendly dan tidak kaku hingga penerima email merasa kalau produkmu ialah sesuatu yang mereka perlukan.

Google Analytics/Facebook Pixel untuk Analisis Website
Eits, tugasmu belum selesai. Sesudah perlengkapi website dengan berbagai marketing tools di atas, lakukan analisis terhadap website untuk mengecek perkembangan website-mu. Dua online marketing tools di antaranya ialah Google Analytics dan Facebook Pixel. Meski sama-sama berfungsi untuk menganalisis jumlah dan perilaku pengunjung website, namun ada satu perbedaan antara kedua tools ini, yakni kalau Google Analytics merupakan kode yang ditempelkan secara manual ke website, lain halnya dengan Facebook Pixel yang diinstal dalam bentuk plugin untuk website.

Google Ads untuk Periklanan Online

Google Ads merupakan marketing tools yang dapat anda pakai untuk membuat campaign buat bisnismu. Tools ini dapat membuatkan iklan dalam bentuk display visual, teks, video, bahkan etalase untuk beberapa produkmu. Berapa tipe iklan Google yang dapat anda aplikasikan untuk laksanakan campaign-mu, adalah ialah:

Google AdWords
Melalui Google AdWords, kamu dapat membuat Google tempatkan website-mu pada peringkat teratas pada mesin pencarian ketika pengguna internet mencari kata kunci yang relevan dengan produk yang kamu tawarkan.

Google Display Network (GDN)
Fitur periklanan Google yang satu ini dapat tampilkan iklanmu dengan lebih menarik lagi, karena GDN sediakan slot untuk menaruh banner atau poster pada website yang relevan dengan bisnismu, meskipun kamu mesti dapat sediakan banner/poster dalam berbagai ukuran biar bisa dipajang pada situs yang kamu tuju.

Facebook Ads dan Twitter Ads untuk Alternatif Periklanan Online
Selain Google Ads, ada dua tools pemasangan iklan yang dapat anda pakai di media sosial, yakni untuk Facebook dan Twitter. Facebook Ads merupakan layanan Facebook yang dapat anda pakai untuk promosikan akun maupun unggahanmu di media sosial terkait, seperti Facebook, Instagram, atau WhatsApp. Tidak Cuma Facebook, kamu juga dapat lakukan promosi di Twitter Ads Manager melalui dua pilihan; Promote Mode yang bisa mengunggah tweet yang sudah kamu atur dan jadwalkan sebelumnya, serta Quick Promote untuk promosikan tweet tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *